Minggu, 17 April 2011

Pengangguran

Pengangguran adalah orang yang tidak memiliki pekerjaan layaknya orang-orang lain yang memiliki pekerjaan. Pengangguran juga dapat di istilahkan sebagai orang yang tidak memiliki pekerjaan tetapi sedang mencari pekerjaan. Pengangguran biasanya terjadi akibat minimnya lahan pekerjaan yang tidak sebanding dengan tingkat pencari kerja yang begitu banyak. Oleh sebab itu tingkat pengangguran tiap tahun selalu meningkat.

Kemiskinan merupakan salah satu dampak dari banyaknya pengangguran di setiap Negara. Dengan tanpa pendapatan tetap, para pengangguran terpaksa hidup dgn pengeluaran yang minim untuk menghidupi diri sendiri maupun keluarga yang ditanggungnya. Hal ini menyebabkan kualitas hidup yang tidak sejahtera atau kualitas hidup yang kurang makmur, sehingga terjadi permasalahan ekonomi yang cukup serius.

Karena begitu banyaknya tingkat pengangguran, maka sangatlah berpengaruh terhadap Perekonomian suatu Negara. Pengangguran mengakibatkan terciptanya kehidupan yang jauh dari kemakmuran. Sehingga membuat mereka para pengangguran banyak yang memilih jalan untuk tetap hidup lewat mengamen maupun mengemis dijalanan. Hal inilah yang menjadikan tingkat kemiskinan di suatu Negara semakin meningkat tiap tahunnya.

Pengangguran bukan hanya di alami oleh orang yang berlatar belakang tamatan SD, SMP ataupun SMA. Sarjana pun banyak yang menjadi pengangguran akibat kualitas kerja yang buruk maupun sempitnya lapangan pekerjaan yang tidak mampu menampung banyaknya angkatan kerja di tiap-tiap Negara. Berikut adalah jenis dan macam pengangguran, diantaranya :

- Pengangguran Friksional / Frictional Unemployment
Pengangguran Friksional adalah Pengangguran yang bersifat sementara yang disebabkan oleh adanya kendala waktu maupun informasi antara pelamar dan pemberi lowongan.

- Pengangguran Musiman / Seasonal Unemployment
Pengangguran Musiman adalah pengangguran yang menganggur akibat fluktuasi kegiatan ekonomi jangka pendek.

- Pengangguran Siklikal
Pengangguran Siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turunnya siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Pengangguran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar