Minggu, 17 April 2011

Investasi

Investasi adalah suatu istilah dalam penanaman modal yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang. Seseorang memilih untuk berinvestasi karena dengan investasi kita dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar dalam jangka waktu beberapa bulan atau tahun. Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang.

Investasi dapat berupa :
- Emas
- Tanah
- Pendidikan
- Saham, dsb.

Semakin meningkatnya populasi kehidupan manusia, tanah diharapkan dapat terus meningkat harganya. Maka dari itu tanah adalah sebagai salah satu investasi terbaik yang dapat dipilih selain emas, pendidikan serta saham.

Emas juga merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan karena harga nilai jual emas terus meningkat. Dalam jangka waktu 10 tahun, harga emas melonjak naik berkali-kali lipat dari harga aslinya dulu. Tetapi bukan berarti terus meningkat tanpa mengalami pasang surut. Harga emas pun dapat sewaktu-waktu turun dari harga aslinya. Tetapi ini biasanya hanya berlangsung sementara. Pada umumnya harga jual emas selalu meningkat. Begitu pula dengan emas batangan.

Mencari keuntungan dengan cara berinvestasi seperti ini tidaklah menutup kemungkinan terjadinya kerugian pada investor. Modal atau barang yang di jadikan investasi dapat pula hilang ataupun rusak yang dikarenakan beberapa faktor, diantaranya faktor bencana alam maupun faktor manusia.

Tetapi kerugian seperti itu merupakan resiko dari investasi yang kita lakukan. Buktinya dengan beberapa faktor kerugian dan resiko yang mungkin saja di alami, para investor pun tetap meningkatkan investasinya dengan maksud agar keuntungan yang diperolehnya jika investasi tersebut berhasil dapat membuahkan keuntungan yang sangat besar di masa yang akan datang.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Investasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar