Rabu, 06 April 2011

Para Pelaku Ekonomi

Pelaku Ekonomi adalah pihak yang melakukan kegiatan ekonomi. Pelaku ekonomi sangatlah banyak. Bahkan hampir semua masyarakat adalah pelaku ekonomi. Dan pihak yang termasuk ke dalam pelaku ekonomi adalah :

- Konsumen : Pihak yang menggunakan atau mengkonsumsi suatu barang atau jasa
- Produsen : Pihak yang memproduksi barang atau jasa
- Distributor : Pedagang yang membeli atau mendapatkan produk barang dagangan dari tangan pertama atau produsen secara langsung, dan lain sebagainya.

Kegiatan ekonomi sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Anak kecil pun sudah bisa menjadi pelaku ekonomi pada saat dia membeli permen di warung. Itu adalah contoh kecil daripada pelaku ekonomi. Kita tidak akan bisa hidup tanpa melakukan kegiatan ekonomi.

Seperti halnya di pasaran, para penjual menawarkan barang maupun jasa kepada konsumen. Hal ini sangat berkaitan karna produsen tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa adanya konsumen. Begitu pula sebaliknya.

Sebagai contoh yaitu pengusaha yg mendirikan restoran keluarga. Di dalam usaha restoran keluarga itu banyak pihak yang terlibat seperti misalnya ayah, ibu, anak, dan lain sebagainya. Pihak-pihak tersebut memiliki peranannya masing-masing. Di dalam usaha tersebut jelas terlihat adanya pelaku ekonomi yg menawarkan suatu pelayanan serta jasa terhadap pelanggan atau konsumen. Pelaku ekonomi terdapat pada banyak tempat, misalnya perusahaan, rumah tangga, pasar dan lain sebagainya. Kegiatan ekonomi seperti ini tidak luput dari permasalahan dimana terkadang produsen berbeda pemikiran dengan para konsumen ataupun distributor. Namun mereka memiliki cara tersendiri untuk mencari jalan keluar terbaik tanpa merugikan salah satu pihak terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar