Kamis, 14 April 2011

Keadaan Geografis Indonesia

Indonesia merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara. Indonesia berada di antara benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia terletak di antara 6º LU – 11º LS dan 95º BT - 141º BT. Indonesia adalah Negara yang kaya akan keindahan alamnya. Indonesia terbagi atas tiga wilayah geografis utama, yaitu Kepulauan Sunda Besar, Kepulauan Sunda Kecil, dan Kepulauan Maluku (Irian pun termasuk ke dalamnya). Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu : Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya.

Pulau Jawa sendiri adalah pulau terpadat penduduknya dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Indonesia. Pulau ini melintang dari Barat ke Timur, berada di belahan bumi selatan. Pulau Jawa terbagi atas 6 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pulau Sumatra berdasarkan luas merupakan Pulau terbesar keenam di dunia. Pulau Sumatra membujur dari barat laut ke arah tenggara dan melintasi garis khatulistiwa. Pulau Sumatra terdiri atas 8 provinsi, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan dan Lampung dan 2 provinsi lain yang merupakan pecahan dari provinsi induk di pulau Sumatra yaitu Riau Kepulauan dan Kepulauan Bangka Belitung. Di Pulau ini terdapat danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia.

Pulau Kalimantan merupakan Pulau yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan Brunei. Kalimantan adalah Pulau terbesar ketiga di dunia. Pada bagian barat pulau Kalimantan dibatasi oleh Laut China Selatan dan Selat Karimata, di bagian timur dipisahkan dengan Pulau Sulawesi oleh Selat Makasar. Kalimantan terbagi atas 4 provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Dan di Pulau ini terdapat sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Pulau Sulawesi terbagi atas 6 provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Sulawesi Selatan. Pulau Sulawesi merupakan habitat banyak satwa langka dan satwa khas Sulawesi, di antaranya Anoa, Babi Rusa dan Tarsius.

Pulau Irian Jaya memiliki gunung yang tertinggi, yaitu Puncak Jaya setinggi 5.030 meter di atas permukaan laut. Pulau Irian juga merupakan pulau dengan kepadatan penduduk yang paling jarang di Indonesia.

Indonesia adalah Negara yang kaya akan keindahan alamnya. Indonesia terbagi atas tiga wilayah geografis utama, yaitu Kepulauan Sunda Besar, Kepulauan Sunda Kecil, dan Kepulauan Maluku (Irian pun termasuk ke dalamnya).
Indonesia mempunyai iklim tropik basah. Ada 2 musim di Indonesia yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Geografi_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar