Selasa, 03 Januari 2012

Struktur Dasar Akuntansi

Mengidentifikasi Sumber Pencatatan
Transaksi yang merupakan sumber pencatatan dalam akuntansi dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu transaksi intern dan ekstern.
a. Transaksi intern atau sering juga disebut kejadian, merupakan transaksi yang terjadi dalam perusahaan sendiri dan tidak berkaitan dengan perusahaan lain (pihak di luar perusahaan).
b. Transaksi entern merupakan transaksi yang terjadi dan berkaitan dengan perushaan lain (pihak di luar perusahaan).

Berikut merupakan bukti-bukti transaksi yang sering digunakan oleh perusahaan antara lain : faktur, kuitansi, nota debit, nota kredit, memo, bukti penerimaan kas, dan bukti pengeluaran kas. Berikut adalah penjelasan secara singkat:
1. Faktur
Faktur adalah bukti dari transaksi penjualan atau pembelian barang yang dilakukan secara kredit, faktur dibuat oleh pihak penjual untuk diserahkan kepada pihak pembeli. Bagi pihak penjual, faktur yang dikeluarkan untuk pembeli disebut sebagai faktur penjualan. Sedangkan bagi pihak pembeli faktur yang diterimanya dari penjual tersebut dinamakan faktur pembelian.

2. Kuitansi
Kuitansi adalah bukti pembayaran yang dibuat oleh pihak peneriman dana sejumlah uang atau cek untuk satu transaksi atau kegiatan usaha. Kemudian diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran tersebut.

3. Nota Debit
Nota debit adalah bukti perhitungan yang dibuat oleh suatu perusahaan (sebagai pembeli) tentang pengiriman kembali barang-barang yang telah dibeli karna rusak atau tidak sesuai dengan pesanan kepada penjualnya.

4. Nota Kredit
Nota kredit adalah bukti yang dibuat oleh suatu perusahaan (sebagai penjual) terhadap penerimaan kembali barang-barang yang telah dijual karena rusak atau tidak sesuai dengan pesanan pelanggan.

5. Memo
Memo adalah bukti pencatatan yang dibuat oleh pimpinan perusahaan atau orang yang diberi wewenang untuk kejadian-kejadian yang berlangsung di dalam perusahaan sendiri.

6. Bukti Penerimaan Kas
Bukti penerimaan kas adalah bukti pencatatan penerimaan sejumlah uang yang dibuat oleh pimpinan perusahaan atau petugas yang diberi wewenang untuk itu.

7. Bukti Pengeluaran Kas
Bukti pengeluaran kas adalah bukti pencatatan tentang pengeluaran sejumlah uang yang dibuat oleh pimpinan perusahaan atau petugas yang diberi wewenang untuk itu.

Sumber:
http://rizki-utami.blogspot.com/2011/12/struktur-dasar-akuntansi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar