Jumat, 06 Mei 2011

Perdagangan Antar Negara

Perdagangan antar Negara adalah perdagangan yang dilakukan oleh suatu Negara dengan Negara lain melalui kesepakatan yang telah disepakati oleh kedua Negara tersebut atau lebih.

Biasanya perdagangan antar Negara dilakukan karena untuk memperoleh barang yang tidak bisa atau tidak terdapat di Negara sendiri. Selain itu, perdagangan antar Negara juga bisa dikatakan sebagai sarana untuk menjalin atau menjaga hubungan yang baik antar Negara yang melakukan perdagangan internasional tersebut.

Banyak manfaat atau keuntungan yang diperoleh dari perdagangan antar Negara seperti ini, contoh sederhana yaitu :

- Dengan adanya perdagangan antar Negara, suatu Negara dapat memenuhi kebutuhan produk yang tidak dapat di produksi sendiri. Seperti halnya mobil, sepeda motor dan lain sebagainya.

- Dengan adanya perdagangan antar Negara, suatu Negara terkadang dapat memproduksi barang yang sama dengan Negara lain. Tetapi terkadang kualitaslah yang menjadi alasan mengapa suatu Negara lebih memilih untuk mengimpor barang dari luar negeri.

- Dengan adanya perdagangan antar Negara, suatu Negara masih tetap bisa memenuhi kebutuhan produk yang diinginkan oleh konsumen di suatu Negara apabila di Negara tersebut sedang mengalami kendala dalam hal musim maupun iklim serta keadaan geografis yang sedang dalam kondisi kurang baik.

- Dengan adanya perdagangan antar Negara, suatu Negara dapat memperoleh keuntungan yang lebih karena dapat menjual barang produksinya ke Negara lain yang meminta barang produksinya.

Dengan keuntungan serta manfaat yang diperoleh dari perdagangan antar Negara tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perdagangan antar Negara dilakukan karena adanya faktor-faktor pendorong yang membuat perdagangan internasional ini dilakukan oleh Negara-negara tersebut.

Faktor-faktor pendorongnya ialah :

- Demi mendapatkan keuntungan lebih serta meningkatkan pendapatan Negara
- Agar dapat memenuhi produk yang tidak dapat di produksi di Negara sendiri
- Terjalinnya hubungan baik antar Negara
- Terdapatnya perbedaan penguasaan tekhnik atau keahlian dalam memproduksi barang di Negara sendiri
- Adanya perbedaan iklim, tenaga kerja, SDA (Sumber Daya Alam), budaya dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi produksi barang maupun jasa di dalam negeri dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar